Ratu Lebah dan Koloninya

Ratu Lebah dan Koloninya
Lebah telah lama dikenal dan dikonsumsi madunya oleh manusia. Lebah juga menjadi simbol dari sifat-sifat kabaikan yang diajarkan oleh orang tua kita dulu. Jika dilihat dari morfologinya lebah tergolong ke dalam kelas "insecta" dengan genus "apis sp". Ada beberapa jenis lebah yang sangat populer di Indonesi yaitu "Apis dorsata","Apis florea "Apis andreniformis", "Apis koschevnivoki, "Apis nuluensis", "Apis nigrocincta", "Trigona sp".Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahawa mengenasi perbedaan morfologi tubuh ratu lebah, lebah pekerja dan lebah pejantan.

Ratu Lebah

Ukuran tubuh ratu lebah adalah yang paling besar di antara seluruh anggota koloni. Bertugas untuk kawin melanjutnya garis keturuannya. Ia dilayani oleh seluruh koloni, makananya disediakan, keamanannya dijaga agar ia dapat bereproduksi. Ratu lebah yang memiliki jenis kelamin betina bukan berarti ratu lebah ini terdiskriminasi, justru sebaliknya ratu lebah memiliki peran yang sangat penting dalam suatu koloni.Ia merupakan pimpinan sebuah koloni, bila ratu pindah ke tempat lain maka seluruh anggota koloni juga akan pindah mengikuti ratu lebah.

Lebah Pekerja

Lebah ini memiliki ukuran tubuh yang paling kecil diantara seluruh koloni. Ia bertugas untuk mencari makanan untuk seluruh koloni, melayani dan merawat ratu lebah, menjaga keamaan sarang, membersihkan sarang dan sebagainya. Kebanyakan lebah pekerja memiliki jenis kelamin jantan. Lebah ini sangat rajin bekerja dan penuh disiplin dalam bertugas.

Lebah Penjantan

Lebah pejantan ukuran tubuhnya lebih besar dari lebah pekerja namun lebih kecil dari ratu lebah. Lebah ini bertugas untuk mengawini ratu lebah dan setelah perkawinan terjadi lebah pejantan ini akan mati. Sedangkan lebah betina melanjutkan reproduksi setelah proses kawin. Proses kawin ratu dan lebah pejantan ini terjadi di udara. Biasanya lebah jantan ini berjumlah 100-200 ekor dalam satu koloni dan hanya terpilih sekitar 15 ekor untuk kawin dengan ratu.

Untuk latihan silahkan cari Ratu Lebah pada gambar-gambar di bawah ini.
Ratu Lebah

Beternak Lebah

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ratu Lebah dan Koloninya"

Post a Comment