Membuat Bakso ala Chef-Chef di TV

Bakso Sapi
Hallo readers... Selamat datang di acara Mas'er Chef :

Kali ini kita akan membuat menu yang sangat populer di Indonesia, yaitu bakso ala kadarnya (hehehe). Berhubung kemaren g ada yang nanya mengenai cara membuat bakso, maka kali ini Mas'er Chef akan memberikan tips n tricks membuat bakso ala kadarnya (bukan ala chef marinka yaaah).

Oke deh... Nggak usah banyak intro lagi. ini diaaaaa

Cara Membuat Bakso ala Kadarnya

Step 1 - Giling Daging Bakso

Sediakan daging sapi sebanyak 1 kilogram dan Giling hingga halus.
Kalau nggak ada alat penggiling bakso nggak apa-apa, antar saja ke tempat penggilingan daging yang ada di kota kamu. Biasanya tukang giling daging ini berada di sekitaran kios-kios daging pasar raya. Biayanya untuk menggiling daging ini tidaklah mahal, sekitar 15.000 saja daging halus.

Sebelum nanti kita menggiling daging, siapkan juga bahan-bahan berikut :
  • Tepung 1 Kg
  • Garam satu genggam (kalau ini mesti pakai feeling sob)
  • Royco Rasa Sapi (bisa gunakan rasa udang kalau ada, hehe)
  • Bawang Putih
  • Bawang Merah 
  • Es Batu (biar nanti tidak panas pada saat digiling)
Potong-potong daging menjadi ukuran-ukuran kecil, ini tujuannya untuk membantu proses penggilingan menjadi lebih mudah dan lebih cepat.

Sekarang giling bahan-bahan di atas bersamaan dengan daging. Setelah digiling bumbu-bumbu tersebut akan menyatu dengan daging yang berbentukan adonan. Nah masukan adonan daging ke dalam kantong/ember yang sudah disediakan. cakeeep daaah. Tahap Penggilingan Sudah selesai.

Step 2 - Perebusan

Sekarang lanjut ke tahap perebusan. Pertama rebus air dalam wajan rebusan hingga mendidih. Ketika air sudah mendidih sekarang saatnya membuat bakso. Nah bagi yang belum pernah membuat bakso pasti bingun bagaimana cara membuat bakso menjadi bulat. Oke ini dia triknya. Pasang sarung tangan plastik. Kemudian mulai mengambil adonan daging di dalam wajan dengan tangan. Remas gilingan daging hingga keluar melalui sela-sela ibuk jari (jempol) dan jari telunjuk. Peremasan ini dimulai dari jari kelingking, lanjut jari manis, dilanjutkan lagi jari tengah dan keluar melalui sela-sela jari telunjuk dan jempol. Dengan cara ini biasanya bakso akan keluar dengan bentuk bulat. Untuk memperbesar ukuran bakso kamu tinggal ambil lebih banyak adonan bakso saja dan lakukan cara yang sama.

Setelah bakso keluar dengan bentuk yang cendrung bulat, selanjutnya masukan ke dalam air mendidih. Untuk mengambil bakso yang ada di tangan gunakan saja sendok biasa. Ambil dan masukan ke dalam air mendidih. Tunggu beberapa saat, apabila daging tersebut telah matang maka akan mengapung di permukaan air mendidir dan jadilah bakso. Selamaaat kamu berhasil membuat bakso.

Step 3 - Penyajian

Bakso yang telah mengapung di ambil dan dimasukan ke dalam wadah. Sediakan sambal cabe untuk cocolan. Biar lebih maknyus lagi sajikan dalam kondisi yang hangat. Tips agar bakso terlihat lebih menggoda tambahkan daun seladri, ini membantu penambahan variasi warna dalam wadah.
  

Step 4 - Pemakanan.

Ini lah tahapan yang paling krusial dari seluruh tahap-tahap yang ada. Pastikan kamu menyimpan Bakso tadi untuk diri kamu sendiri. Biasanya bakso akan cepat habis. Makan dan rasakan sensasi bakso ala kadarnya di rumah sendiri. Kamu boleh komentari dengan komentar "maknyusss", "tingkat kematangannya sempurna" atau mungkin "sampai jumpa di Jakarta" (hehehe, kayak audisi aja).

Well... Selamat Makaaaan...

Semoga Artikel ini bermanfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Bakso ala Chef-Chef di TV"

Post a Comment