Cara Membuat Tepung Ikan Sendiri

Membuat Tepung Ikan Sendiri


Tepung ikan adalah salah satu komponen utama ransum ternak. Tepung ikan digunakan dengan takaran khusus dalam pembuatan ransum ayam untuk memenuhi jumlah kebutuhan nutrisi ternak. Fungsinya sebagai sumber protein bagi ternak. Ia mampu memacu pertumbuhan tubuh ternak, tertutama sekali pertumbuhan daging.

Peranannya sangat vital sekali dalam industri peternakan. Hampir seluruh industri peternakan ayam menggunakan tepung ikan ini. Baik itu ayam potong, ayam kampung bahkan pakan ayam aduan juga menggunakan tepung ikan.

Tingginya kebutuhan kebutuhan industri peternakan akan tepung ikan, membuat harganya menjadi sangat mahal. Saat ini harga tepung ikan berkisar antara Rp 9.000 sampai Rp 10.000 per kilogram. Ini adalah tepung tulang protein 50%. Sedangkan yang dibutuhkan minimal 80%.

Harga yang mahal ini membuat pengusaha peternakan kesulitan membeli tepung ikan. Sementara itu aktivitas usaha peternakan harus tetap berjalan dan membutuhkan tepung ikan.

Untuk mengatasi masalah ini kita pengusaha peternakan harus mencari alternatif lain untuk menggantikan tepung ikan sebagai sumber protein. Atau kita sendiri yang membuat tepung ikan ini.

Membuat tepung ikan tidaklah terlalu sulit. Selama ini yang membuat kita berfikir bahwa membuat tepung ikan sendiri itu sulit karena membayangkan mesin-mesin raksasa yang dimiliki perusahaan pakan. Sehingga kita meyakin bahwa kita tidak mungkin membuat tepung ikan sendiri.

Oke langsung saja berikut cara membuat tepung ikan.

Siapkan alat dan bahannya terdulu.

Alat :
  1. Kompor
  2. Wajan untuk merebus (bisa juga menggunakan kaleng bekas yang bersih dari cat)
  3. Spatula/kayu (untuk meratakan pakan yang akan dijemur)
  4. Alas Penjemuran (Bisa Plastik Bekas yang dipotong lebar)
  5. Penggilingan (untuk menggiling ikan yang telah kering)
  6. Mesin oven

Bahan :
  1. Ikan (terserah ikan apa saja, kalau bisa ikan yang harganya murah)
  2. Air bersih (sebagai pelarut disaat ikan direbus)

Setelah semua alat dan bahan tersedian, selanjutnya panaskan air rebusan hingga mendidih. Sebaiknya kita gunakan bahan bakar dari kayu, sampah-sampah kering atau biogas. Ini akan menghemat biaya dibandingkan menggunakan minyak atau gas elpiji.


Sambil menunggu air mendidih siapkan ikannya yang akan dibuat menjadi tepung ikan. Cuci dan bersihkan ikan dengan air bersih. Pastikan tidak ada kotoran ataupun sampah-sampah kecil yang menempel pada ikan.

Perebusan

Setelah air mendidih rebus ikan selama 25 menit untuk men-sterilkan ikan dari bakteri patogen. Sehingga aman digunakan untuk pakan ternak. Saat perebusan ini kamu akan melihat minyak ikan.

Pengeringan

Setelah itu jemur ikan di bawah sinar matahari langsung. Dengan memanfaat cahaya matahari kita bisa menjemur ikan dalam jumlah yang sangat banyak. Namun Kalau kondisi cuaca tidak terik kamu bisa gunakan oven.

Atur suhu ruangan oven 105 derjat selsius. Pada suhu ini air akan keluar dari tubuh ikan sehingga kita menadapat daging dan tulang ikan. Lakukan pengeringan ini hingga selama 30 menit.

Pengeringan ini bertujuan untuk menghilangkan atau meminimalisir kadar air pada ikan. Dengan rendahnya kadar air maka proses oksidasi akan jauh lebih lambat dan tepung ikan yang dibuat akan tahan lama.

Setelah pengeringan selesai ikan akan menjadi sangat kering dan rapuh. Beratnya juga juga sudah berkurang. Ikan ini sekarang sudah siap untuk digiling.

Penggilingan

Agar lebih mudah digiling potong ikan menjadi ukuran-ukuran kecil. Seukuruan biji jagung saja sudah cukup. Memperkecil ukuran ikan akan memudahkan dan mempercepat proses penggilingan bila dibandingkan dengan yang tidak dipotong.

Setelah itu giling potongan ikan sampai halus menggunakan mesin giling. Giling sehalus mungkin hingga bentuknya menjadi seperti tepung. Setelah menjadi tepung proses penggilingan selesai. Dengan begitu jadilah tepung ikan seperti yang kita inginkan.

Sekarang tepung ikan sudah bisa digunakan dalam ransum ternak. Berikan untuk pakan ternak ayam, puyuh, sapi, kambing dan sabagainya.

Demikianlah cara membuat tepung ikan. Tidak terlalu sulit bukan? hanya butuh sedikit kemauan saja dan tepung ikan bisa dibuat. Sekarang kita tidak perlu lagi membeli tepung ikan dari pabrik yang mahal.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Tepung Ikan Sendiri"

Post a Comment