Siklus Hidup Lebah Madu Mulai Dari Telur Hingga Dewasa

Siklus Hidup Lebah Madu Mulai Dari Telur Hingga Dewasa - Lebah merupakan hewan dari kelompok “serangga”. Ia memiliki bentuk tubuh yang unik dibandingkan dengan serangga lain. Lebah (umumnya) memiliki warna kuning hitam pada badan (ekor) dan hitam pekat di bagian kepala.

Bila kita amati siklus hidupnya... Siklus hidup lebah sangat berbeda sekali dengan mamalia seperti kucing.

Periode pertumbuhannya lebih cepat. Hanya dalam hitungan hari saja (paling lama 1 bulan) lebah sudah menjadi dewasa dan bisa mulai bekerja.

Sedangkan kucing... periode pertumbuhannya sedikit lebih lama. Bisa memakan waktu berbulan-bulang hingga dewasa.

Seperti yang kita ketahui bahwa induk kucing mampu melahirkan anak 1 sampai 4 ekor. Bahkan ada yang melahirkan 5 ekor anak. Semenjak anak kucing ini dilahirkan... maka semenjak hari itu jugalah siklus hidup seekor kucing dimulai.

Dilihat dari perkembangan bentuk tubuhnya, anak kucing yang baru dilahirkan memiliki bentuk tubuh (form) yang sama dengan kucing yang dewasa. Ia memiliki bulu... empat kaki... dua telinga dan bagian tubuh lainnya.

Bentuk ini sama persis dengan bentuk tubuh nya di saat telah dewasa. Hal yang membedakan palingan hanya ukurannya saja, sedangkan bentuk tubuhnya tidak terjadi perubahan yang signifikan.

Sedangkan lebah hidupnya dimulai dari sebutir telur. Kemudian menjadi larva. Setelah itu berkembang menjadi pupa dan terakhir barulah menjadi seekor lebah dewasa. Setiap fase ini memiliki bentuk yang berbeda-beda.

Daur hidup lebah mungkin sama dengan daur hidup semut. Karena keduanya sama-sama tergolong serangga. Namun cara hidup lebah dan semut berbeda.

Sekarang mari kita lihat keempat fase dalam siklus hidup lebah tersebut.

Fase Telur

Setelah ratu lebah dan lebah pejantan kawin di udara... Kemudian lebah jantan akan mati dan jatuh ke tanah. Sedangkan ratu lebh telah dibuahi oleh pejantan. Proses proses perkawinanpun selesai...

Selanjutnya ratu lebah akan msuk ke dalam sarangnya... Kemudian ia mencari ruang-ruang yang kosong. Setelah ditemukan, ratu lebah akan mengeluarkan telur di dalam ruang tersebut. Dalam waktu 2 hari telur ini akan berubah menjadi larva.

Berikut bentuk telur lebah

Siklus Hidup Lebah Lengkap
roysfarms.com


Fase Larva

Pada fase larva ini bentuk telur telah berubah menjadi seperti ulat (larva lebah). Agak gemuk dan berwarna putih (mirip seperti ulat).


Kehidupan Lebah Mulai dari Lahir Sampai Mati
roysfarms.com


Dalam bentuk larva ini... ia akan mulai makan sebanyak-banyaknya untuk persiapan pengeramannya.

Makanannya diantarkan oleh lebah pekerja (nurse bee) dalam bentuk madu dan serbuk sari tanaman. Makanan lebah dan makanan larva sama.

Setelah 6 hari kemudian larva akan berhenti makan kemudian sarang ditutup oleh lebah pekerja dengan lilin. Larva mulai mengalami pengeraman.



Fase Pupa

Untuk masa pengeraman ini berlangsung cukup lama. Jumlah harinya berbeda-beda antara lebah pekerja, lebah pejantan dan ratu lebah. Lebah pekerja dierami selama 13 hari, lebah pejantan 15 hari sedangkan lebah ratu masa pengeramannya adalah yang paling cepat yaitu 8 hari.

Dalam fase pupa inilah bentuk tubuh lebah mulai terbentuk. Mulai terlihat bagian kaki, kepala, ekor dan sayap. Namun masih butuh waktu untuk menjadi lebah sempurna.

Setelah bentuk tubuh lebah sempurna... Ia akan mulai membuka sarang yang tertutup lilin tadi dan kemudin keluar dari tempat pengeramannya.

Inilah lebah dalam bentuk Pupa


Daur Hidup Lebah Lengkap dari Telur Hingga Dewasa
roysfarms.com


Fase Lebah

Setelah berhasil keluar dari sarang... maka pupa tadi barulah bisa disebut seekor lebah. Lebah yang baru keluar ini tergolong ke dalam kelompok lebah muda. Ia akan tetap berada di sarang selama 3 minggu ke depan.

Setelah itu barulah ia mulai menjalankan tugasnya masing-masing.

Umur Lebah dan Siklus Hidup Lebah
roysfarms.com


Umur hidup setiap lebah berbeda-beda. Lebah pejantan bisa hidup 1-3 tahun (setelah kawin dengan ratu ia akan langsung mati). Lebah pekerja hidup hanya 2-3 bulan saja. Sedangkan ratu lebah hidup selama 3-5 tahun.

Ada juga beberapa orang yang berpendapat bahwa lebah pekerja bisa hidup lebih singkat dari 2-3 bulan. Apalagi saat sengat lebah keluar dari tubuhnya menyerang ancaman atau pengganggunya.

Demikian artikel mengenai Siklus Hidup Lebah Madu Mulai Dari Telur Hingga Dewasa. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca yang ingin memahami tentang lebah.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Siklus Hidup Lebah Madu Mulai Dari Telur Hingga Dewasa"