Membuat Kolam Ikan

Salah satu persiapan budidaya ikan adalah kolam. Ini akan menjadi rumah dan sekaligus tempat hidup bagi ikan. Apapun tujuan budidaya kita, apakah itu untuk bisnis atau sekedar untuk hobby saja. Cara membuat kolam ikan ini akan sangat membantu anda.

Oke kita langsung saja...
Pertama, kita siapkan dulu ukuran kolam yang akan kita buat. Jika kita akan membudidayakan ikan sebanyak 100Kg bibit kolam ukurang 200 m2 adalah ukuran yang pas. sedangkan untuk ukuran kedalaman bisa dibuat 60 cm. ukuran ini juga bisa digunakan untuk budidaya 100Kt bibit ikan nila, ikan mas dan ikan lainnya yang seukuran.

Kedua, kita periksan kondisi tanah yang akan digali untuk untuk dijadikan kolam tersebut. Tanah sebaiknya merupakan komponen tanah liat. Jika tanah yang digunakan bukan merupakan tanah liat kita bisa menggunakan terpal sebagai alas agar air tdak merembes. Khusus untuk yang menggunakan terpal, pastikan tidak ada benda tajam pada tanah, karena benda tersebut akan melobangi terpal. Agar lebih aman lagi bisa menggunakan pasir ataupun jerami-jerami yang telah lunak.

Ketiga, untuk bagian dinding kolam kita bungkus seluruh dengan terpal. Jadi ini akan membuat air dalam kolam tidak merembes ke tanah dan ikan dapat hidup tenang bahagia di dalamnya. Sedangkan untuk yang menggunakan tanah liat, kita lapisi bagian dinding kolam dengan tanah liat. Ini akan sedikit memakan waktu namun tidak memerlukan biaya. Tambahan, jika kita tidak mau atau malas membersihkan kolam dari daun-daun atau sampah, kita bisa menutup bagian atas kolam menggunakan jaring-jaring. Kolam akan tetap bersih dan aman.

Demikianlah cara membuat kolam ikan, jika ada pertanyaan silahkan koment saja.

Semoga Bermanfaaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Kolam Ikan"

Post a Comment