Gilaaa!!! - Kerbau Ini Harganya 1 Miliar

Kerbau Seharga 1M
Makassar adalah salah kota besar yang ada di Indonesia. Kota ini memiliki nilai-nilai kultur dan budaya yang sangat unik. Tradisi yang paling tersohor hingga manca negara yaitu tradisi upacara Rambu Solo'. Rambu solo' adalah upacara kematian seorang raja atau keturunan bangsawan. Acara ini adalah acara yang sangat besar dan meriah yang biasanya berlangsung selama beberapa hari,, bahkan bisa berminggu-minggu. 

Dalam melaksanaan upacara ini dibutuhkan kerbau dalam jumlah yang sangat banyak. Kerbau yang digunakan tidak boleh sembarangan kerbau. Ada persyaratan dan ciri-ciri khusus yang harus dimiliki kerbau untuk upacara ini. Secara garis besar persyaratannya antara lain, berwarna hitam dan putih (bagian putih terlihat pink), tidak cacat, bentuk tubuh tangguh dan kokoh serta memiliki tanduk yang panjang. Intinya kerbau ini harus Outstanding Buffalo.

Anyway... ternyata kata "kerbau" di Makassar sangat jarang sekali digunakan masyarakat. Orang Makassar biasa menyebut kerbau sebutan "Tedong" dan tedong ini memiliki kasta-kasta juga (seperti manusia) :

Pertama - TEDONG BONGA.


Kerbau Tedong Bonga Makassar
Source : Pewarta Foto PPWI | Anton Vincent Acvara

Ini adalah tedong dengan tingkat kasta yang tertinggi. Ciri-cirinya yaitu memiliki warna hitam putih yang seimbang di sekujur tubuhnya. Biasanya berbentuk bintik-bintik hitam. Tedong Bonga juga ada tiga jenis, yaitu Bonga Saleko (Bonga yang memiliki warna hitam putihnya seimbang), Bonga Sanga'Daran (Bonga dengan warna hitam dan pada bagian mulut berwarna hitam), Bonga Randan Dali' (Bonga yang bagian alis matanya berwarna hitam, mungkin lebih seperti alis mata pada manusia). Tedong Bonga ini memiliki adalah tedong kasta tertinggi sehingga harganya bisa mencapai 1M bahkan lebih.

Kedua - TEDONG PUDU'

Tedong Bonga Upacara Adat Makassar
Source : indonesia.travel
Ini adalah jenis kerbau yang berwarna hitam dengan perawakan sangat kuat dan tangguh. Harganya juga sangat mahal meskipun tidak semahal Tedong Bonga. Kerbau ini adalah kerbau petarung yang biasanya diadu di ujung upacara kematian. Harga Tedong Pudu' bisa menjapai 100 Juta rupiah per satu ekor. Kalau Tedong Pudu' sudah berpengalaman dan sering menang bertarung harga bisa jauh lebih mahal lagi.


Ketiga - TEDONG SOKKO

Kerbau Upacara Adat
Source : iffocus.wordpress.com|Sharen Adeline
Kerbau ini memiliki tanduk yang melengkung ke bawah. Memiliki harga yang sangat fantastatis, meski di tawar 500 Juta orang yang punya mungkin akan berpikir dua kali untuk menjualnya. Tedong Sokko ini lebih mendiskripsikan bentuk tanduknya bukan kulit. Jadi Kalau ada kerbau Tedong Bonga yang memiliki tanduk Sokko, waaaaah itu harganya udah g bakal kepalang lagi deeeeeh. bikin pusiiiiing ngitung duiiitnya. hehehe.


Keempat - TEDONG BULAN

Kerbau Termahal Sedunia
Source : www2.medanbisnisdaily.com
Kerbau Tedong Bulan memiliki warna kulit yang penuh seluruh badan. Jika diperhatikan dengan teliti tidak ada corak hitam pada kerbau ini. Kalaupun ada bercak di bagian tubuh, itupun tidak berwarna hitam pekat. Ini adalah kerbau dengan yang berada pada kasta terendah di Tana Toraja.

Jika kamu belum pernah melihat kerbau Tedong Bonga ini, datang aja saat upacara kematian bagsawan bangsawan Tana Toraja. Upacara ini tidak hanya diperuntukan orang Tana Toraja saja, kita yang bukan orang toraja pun boleh menyaksikan. Kamu tidak perlu diundang untuk datang, kecuali kamu Presiden Indonesia. Hehehe

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gilaaa!!! - Kerbau Ini Harganya 1 Miliar"

Post a Comment