Pentingkah Perencanaan Usaha Ternak Puyuh?

Perencanaan Usaha Ternak Puyuh
Menjalankan usaha ternak puyuh tidaklah sulit, yang sulit adalah "Memulainya". Setelah dimulai ternyata semua tidaklah seburuk yang dibayangkan. Banyak orang yang gagal karena membayangkan sulitnya beternak puyuh. Akibat terus membayangkan hal-hal buruk (yang belum tentu akan terjadi) akhirnya mereka gagal. 

Jika kita lihat sebenarnya permintaan pasar telur puyuh ini sangat tinggi. Salah satu contohnya saja di Sumatera Barat, banyak pedagang yang kekurangan suplai telur puyuh. Sehingga setiap stok telur yang ada habis dalam waktu singkat. Peluangnya sangat besar namun karena mereka takut memulai akhirnya usaha ernak puyuh tidak jadi jalan. Oleh karena itu kita harus berani memulai.

Langkah pertama untuk memulai usaha bukan membangun kandang, tetapi membuat rencana. Usaha yang baik adalah usaha yang dijalankan dengan rencana. Dalam rencana usaha tertulis apa tujuan kita menjalankan usaha dan juga hal-hal yang mungkin akan terjadi. Jadi untuk menjalankan usaha kita harus membuat rencana usaha. 

Seperti sebuah kapal yang akan berlayar mereka memiliki tujuan pelabuhan yang akan dituju. Setelah tujuan ditentukan, apakah mereka langsung berlayar? tidak. mereka tidak langsung berlayar begitu saja. Mereka menyiapkan peralatan dan persediaan yang akan dibutuhkan. Seperti kompas, peta radio, makanan, dan sebaginya. 

Tidak hanya itu saja tapi mereka bahkan juga menyiapkan peralatan untuk keadaan darurat. Mereka menyiapkan pelampung, pisau, lampu suar dan alat-alat darurat lainnya. Setelah semuanya disiapkan barulah mereka mulai berlayar.

Begitu juga dalam menjalankan bisnis. Kita harus tentukan tujuan utama kita. Setelah itu kita persiapkan rencana usahanya. Didalamnya tertulis apa yang akan kita tuju, Kapan tujuan itu ditargetkan tercapai, dan juga apabila terjadi keadaan darurat rencana apa yang harus kita lakukan. Ini disebut tahap PERENCANAAN.

Setelah rencana usaha siap dibuat barulah kita mulai menjalankan usaha ternak puyuh. Hal yang pertama kali kita lakukan adalah membuat kandang dan seluruh infrastruktur dalam pelaksaan nantinya. Setelh infrastruktu siap dibangung baru kita masukan puyuh ke dalam kandang dan mulai memberikan makannya. Ini disebut tahap PELAKSANAAN

Tahap pelaksaan ini akan memakan waktu yang cukup lama karena puyuh tidak langsung bertelur begitu saja. Apalagi kalau kita memelihara mulai dari usia DOQ. Butuh ketekunan dan kegigihan yang kuat hingga akhirnya bisa panen telur puyuh. Kemudian telur puyuh tersebut kita jual sehingga akan mendapatkan keuntungan usaha.

Saat telah selesai tahap pelaksaan dan mendapatkan uang bukan berarti usaha kita telah selesai juga. Kita masuk ke tahap selanjutnya yaitu EVALUASI. Pada tahap ini semua yang telah dikerjakan di review kembali apakah telah sesuai dengan rencana. Baik itu bidang operasional, keuangan, marketing ataupun rencana usaha itu sendiri (apakah perludikembangkan atau diperbaiki). Begitulah tahap-tahap menjalan sebuah usaha ternak puyuh yang baik.

Banyak pedagang atau peternak yang menjalankan usahanya hanya bermodalkan nekat saja. Mereka memulai usaha tanpa rencana yang jelas dan tak tahu apa yang mereka tuju. Sehingga ketika terjadi masalah dan goncangan pada usahanya mereka bingung dengan apa yang akan mereka lakukan saat terjadi keadaan darurat tersebut dan banyak yang bankrut.

Inilah yang harus kita hindari saat menjalankan usaha, ketika terjadi masalah kita harus tau apa yang harus kita lakukan. Jangan sampai kita bingung dan akhirnya menutup usaha. Semoga membuat rencana usaha kita dapat sukses dalam waktu yang cepat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pentingkah Perencanaan Usaha Ternak Puyuh?"

Post a Comment