Kenapa Anak Ayam Tiba-Tiba Lumpuh dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Anak Ayam Lumpuh dan Bagaimana Cara Mengobatinya

Kenapa Anak Ayam Tiba-Tiba Lumpuh dan Bagaimana Cara Mengatasinya. Setelah beberapa hari sana-sini mencari ide artikel yang cocok akhirnya kami menemukan inspirasi dari sebuah pertanyaan seorang peternak. Ia memiliki usaha peternakan ayam potong sekitar 3.000 ekor. Ada dua ekor anak ayamnya yang lumpuh hingga tidak bisa berjalan. Kemudian ia bertanya “kenapa anak ayam tiba-tiba lumpuh?”.

Dari pertanyaannya dapat kita simpulkan bahwa peternak ini ingin mendapatkan penjelasan bagaimana hal itu bisa terjadi. Apa yang membuat ayamnya menjadi lumpuh. Ia berharap setelah mengetahui penyebab masalah ini maka ia dapat mengatasinya agar tidak terjadi lagi kasus serupa di periode selanjutnya. 

Sebenarnya banyak orang-orang yang berkomentar membalas pertanyaan ini. Ada yang menjawab karena patah kaki, ada yang turut prihatin atas musibah tersebut hingga ada juga yang menjual obat kuat yang notabene tidak ada hubungannya sama sekali. 

Setelah membaca komentar dari orang-orang yang merespon pertanyaan tersebut, ternyata belum ada jawaban yang mampu memuaskan peternak ini. Oleh karena itu kami tertarik untuk berpartisipasi memberikan penjelasan Kenapa Anak Ayam Tiba-Tiba Lumpuh dan Bagaimana Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini dapat menjadi jawaban untuk orang-orang yang mengalami hal serupa. 

Seperti yang telah kita ketahui bahwa periode awal kelahiran atau penetasan pada ayam merupakan masa yang sangat kritis. Pada periode ini kondisi fisik anak ayam belum stabil dan rentan terkena serangan penyakit. Perlu perhatian intensif dalam merawat anak ayam, membersihkan kandang, mengatur suhu kandang hingga memberikan pakan agar anak ayam tersebut dapat tumbuh dengan optimal. 

Lengah sedikit saja pada masa kritis ini akan ada banyak ayam yang mati dan terkena penyakit. Apalagi bila kelalaian terjadi dalam pembersihan kandang. Baik itu kelalaian karena tidak membersihkan kandang, jarang membersihkan kandang, malas membersihkan tempat pakan dan sebagainya semua berpotensi mengancam kalangsungan hidup anak ayam. 

Dari kandang yang kotor akan tumbuh bibit-bibit penyakit yang menyerang anak ayam. Penyakitnya bermacam-macam mulai dari berak darah, Newcastle Desease, berak kapur, diare dan sebagainya. Seperti halnya puyuh, ayam bisa terkena berbagain penyakit. Hanya saja penyakitnya dan Cara Pengobatan Penyakit nya sedikit berbeda dengan ternak puyuh. 

Bila ayam sudah terkena penyakit biasanya pertumbuhannya tidak akan bagus lagi. Bahkan kalau tetap dipelihara akan membuang pakan saja. Karena nutirisi pakan yang dikonsumsi ayam akan diarahkan untuk perbaikan sel dan pemulihan kesehatan ayam. Pada tingkat ekstrim penyakit bisa menyebabkan kematian massal pada anak ayam. 

Mengenai masalah penyakit lumpuh tiba-tiba pada ternak ayam. Kelumpuhan tidak terjadi secara bertahap. Tidak ada ciri-ciri khusus sebelum terjadinya kelumpuhan ini. Kalaupun ada paling hanya terlihat sehari sebelum ayam lumpuh total. Ayam tampak sedikit pincang. 

Karena proses kelumpuhan terjadi di dalam tubuh ayam, kita tidak dapat melihat dengan mata telanjang. Hal yang kita lihat hanyalah ayam yang sudah lumpuh dan tidak dapat berdiri lagi. Walaupun tubuhnya masih sehat dan tidak layu (seperti terserang ND) namun ia tidak dapat lagi berjalan. Hanya terkapar di atas lantai sekam. Sehingga kita tidak dapat memberikan pertolong cepat untuk mengatasi masalah ini. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengantisipasi penyebab kelumpuhan itu sendiri.

Untuk pertanyaan “Kenapa Anak Ayam Tiba-Tiba Lumpuh?”, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal ini terjadi :
Ayam Lumpuh dan Cara Mengobatinya

1. Terjadi kecelakaan atau benturan pada saat distribusi anak ayam.

Penyebab ini biasanya terjadi pada peternakan yang membeli bibit dari perusahaan-perusahaan besar. Perusahaan tersebut memproduksi puluhan hingga ratusan ribu bibit setiap periode. Agar tercapai efisiensi dalam operasional maka proses distribusi harus dilakukan secepat mungkin. 

Disinilah terjadinya kecelakaan. Karyawan kandang sering membawa bibit dalam jumlah banyak. Ada yang mengambil bibit lima ekor ayam dengan satu tangan. Akibatnya ayam ada yang terluka. 

Pada saat itu mungkin bibit ayam ini masih bisa berdiri, namun seiring perjalanan menuju peternak tentu peternak tidak ada yang tau mengenai masalah kecelakaan selama distribusi ini. Setelah beberapa hari barulah terjadi kelumpuhan akibat luka pada bagian kaki anak ayam.

Selain itu bagi perusahaan yang menggunakan teknologi mesin dalam packaging dan distribusinya juga bisa terjadi resiko kecelakaan ini. Seperti yang banyak menjadi isu masalah animal welfare akhir-akhir ini. Di pabrik peternakan anak ayam yang baru menetas diangkut oleh mesin secara otomatis dan dipindahkan ke jalur-jalur mesin lainya dan berulang-ulang.

Pada saat pemindahan inilah sering anak ayam terbentur dengan dinding mesin. Ada juga yang jatuh dengan pendaratan yang tidak sempurna. Walaupun tidak terlalu tinggi tapi bila salah pendaratan tetap saja bisa terjadi kecelakaan. Ditambah lagi anak ayam ini belum bisa bergerak dengan aktif seperti halnya ayam dewasa. Inilah salah satu penyebab terjadinya kelumpuhan pada ternak ayam. 
Penyebab Ayam Lumpuh

2. Kekurangan nutrisi kalsium dan posfor dalam pakan.

Dalam menyusun ransum untuk pakan ayam ada standar kebutuhan nutrisi ayam per harinya. Artinya kandungan nutrisi ransum yang dibuat harus mampu memenuhi jumlah kebutuhan nutrisi ayam selama satu hari. Baik itu kebutuhan protein, energi, lemak, kalsium, posfor dan nutrisi lainnya.

Berapa jumlah kebutuhan nutrisi ayam per harinya, dapat dilihat pada tabel NRC yang telah diakui oleh seluruh dunia. Tabel NRC ini merupakan hasil penelitian yang sangat intensif dan telah dilakukan sejak dulu oleh para pakar peternakan.

Dalam tabel NRC ini disajikan berapa jumlah kebutuhan nutrisi seekor ayam per harinya. Tidak hanya kebutuhan secara umum namun juga dijelaskan kebutuhan berdasarkan usia ayam. Angka-angka pada tabel NRC ini sudah menjadi standar nasional dan kita menggunakannya.

Bila tidak dapat menemui tabel NRC tersebut bisa juga kita lihat pada penelitian-penelitian para ahli peternakan yang ada. Ambil penelitian dari dosen besar di suatu universitas dan juga dari jurnal peternakan indonesia. Butuh kerjakeras dan ketekunan melakukan ini.

Adapun faktor pakan yang menyebabkan kelumpuhan pada ternak ayam adalah karena ternak kekurangan kalsium dan posfor. Kalsium dan posfor berfungsi untuk membentuk pertumbuhan tulang. Baik tulang pada kaki maupun tulang-tulang pada bagian tubuh lainnya. Bila kebutuhan kandungan kalsium dan posfor dalam suatu ransum tidak mencukupi tentu ayam tidak dapat tumbuh dengan optimal.

Selain itu ayam yang kekurangan kalsium akan menyebabkan tulang ayam menjadi rapuh dan keropos. Apalagi berat badan ayam sangat cepat bertkembang. Sehingga pada saat berat badan ayam sudah tidak tertopang lagi oleh tulang yang kekurang kalsium dan pofor ini. Akhrinya ayam menjadi lumpuh dan tidak bisa lagi menggerakannya kaki.

Seperti sebuah bangunan rumah. Saat tiang-tiang utama sudah rapuh maka ia akan roboh karena beban atap yang diluar daya tampungnya.

Cara Mengatasinya
Itu beberapa hal yang menyebabkan ayam menjadi lumpuh. Selama ini kasus kelumpuhan yang sering terjadi biasanya disebabkan dua hal diatas. Untuk mengatasi masalah ini agar tidak terjadi lagi di periode selanjutnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Hindari menggunakan bibit dari pabrik.

Bila memungkinkan sebaiknya jangan membeli bibit ayam dari pabrik atau perusahaan besar lagi. Kalaupun harus membeli dari pabrik, laporkan kepada manajer operasional perusahaan bahwa ayam yang sebelumnya kita beli ada yang lumpuh total setelah dipelihara beberapa hari. Dengan memberikan laporan ini akan menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan di periode selanjutnya. Setelah itu biasanya mereka akan mencarikan solusi masalah tersebut.

Apabila tidak ada tanggapan dari perusahaan tersebut mengenai laporan kita, sebaiknya cari perusahaan lain yang lebih baik lagi. Kalaupun harga bibit sedikit lebih mahal tidak apa-apa. Karena kita jauh lebih rugi bila membeli ayam yang lumpuh dan terus makan ransum daripada membeli bibit yang sedikit lebih mahal namun sehat dan bisa tumbuh dengan optimal. 

2. Pastikan kandungan nutrisi pakan memenuhi kebutuhan nutrisi ayam

Seperti yang telah dijelaskan bahwa kekurang Kalsium dan Posfor dalam pakan ayam menjadi salah satu penyebab kelumpuhan. Untuk mengatasi ini kita harus menyusun ransum yang tepat. Bisa dengan menyusun sebanyak satu kilogram saja terlebih dahulu.

Setelah kita menyusun ransum dalam jumlah kecil (1 kilogram saja) selanjutnya kita dapat menganalisa kandungan ransum tersebut ke laboratorium. Apakah kadar nutrisinya sudah memenuhi kebutuhan ayam atau belum. Bila belum memenuhi sebaiknya ulang lagi menyusun formulasi ransum yang lebih tepat. Kalau perlu analisa juga kandungan nutrisi bahan ransum agar hasil lebih akurat. Kemudian diulangi lagi memeriksa ke laboratorium. 

Setelah mendapatkan susuran yang pas barulah diberikan kepada ayam. Biasanya pada tahap ini seharusnya sudah tidak terjadi lagi kasus serupa yang diakibatkan malnutrisi. Kalau kamu kebingungan mengenai masalah nutrisi ada baiknya mempelajari Dasar-Dasar Ilmu Pakan terlebih dahulu.

Setelah diketahui ayam terkena penyakit lumpuh, peternak mencoba mencari cara untuk mengobatinya. Ada dengan menggunakan obat tradisional lumpuh kaki, obat ostelin, bacomp plus dan sebagainya. Namun tindak paling baik adalah tindakan preventif.

Kondisi peternakan ayam potong saat ini adalah peternak sudah terbiasa menemukan kejadian tersebut. Setiap periode pemeliharaan selalu saja ada yang lumpuh. Namun bagi mereka ini bukanlah masalah yang serius. Mereka menganggap bahwa kelumpuhan tersebut merupakan bagian dari resiko usaha.

Meskipun terlihat terlalu santai dan tidak ambil pusing akan tetapi peternak tetap optimis menjalankan usaha. Peternak tetap yakin bisa meraih keuntungan dari usaha peternakan ayam potong ini. Bahkan banyak juga dari mereka yang berencana membangun kandang-kandang baru dengan kapasitas yang sama.

Bila kita lihat persentase ayam yang terkena kelumpuhan dibandingkan dengan jumlah populasi akan didapatkan angka yang sangat kecil. Untuk populasi 3.000 ekor puyuh hanya 4 ekor ayam yang terkena kelumpuhan dalam satu periode. Persentase yang luar biasa kecilnya.

Wajar bila peternak tidak terlalu khawatir dengan resiko kelumpuhan ayam. Mereka telah memiliki banyak pengalaman dan mengetahui berapa persentase kerugian dibandingkan dengan keuntungan yang didapatkan pada saat panen.

Meskipun demikian kami sangat menyarankan peternak untuk tetap concern dan waspada terhadap segala ancaman usahanya. Walaupun pengalaman mengatakan bahwa peternak akan tetap untung walaupun terjadi kelumpuhan beberapa ekor ayam, siapa tau apa yang akan terjadi di masa depan. Bisa saja separuh populasi terkena kelumpuhan ini bila peternak tidak concern

Tindakan yang paling tepat dilakukan oleh peternak adalah tetap optimis untuk menjalankan usaha peternakan seperti biasanya. Kemudian melakukan tindakan-tindakan preventif agar tidak terjadi kelumpuhan lagi pada masa yang akan datang. 

Demikianlah artikel Kenapa Anak Ayam Tiba-Tiba Lumpuh dan Bagaimana Cara Mengatasinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi solusi bagi permasalahan peternak Indonesia. Bagi kamu yang memiliki pengalaman serupa silahkan bagikan juga melalui kolom komentar di bawah ini. Semoga Sukses.

Postingan terkait:

59 Tanggapan untuk "Kenapa Anak Ayam Tiba-Tiba Lumpuh dan Bagaimana Cara Mengatasinya"

  1. Replies
    1. Yups... Sama-sama gan. Semoga bermanfaat.
      Sepertinya agan sedang mengalami masalah tersebut di farm yaah?

      Well... Biar tetap update silahkan subscribe kita melalui form subscribe pada bagian kanan halaman ini gan. Nanti kita akan sharing segala masalah peternakan yang benar-benar terjadi di lapangan.

      Goodluck gan untuk usahanya

      Delete
  2. perlukan ayam import filipin
    01131429766
    tawau sabah malaysia
    #facebook# mohdyasserj@yahoo.com
    pertanya pun bole

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah ada iklan dari tetangga yaa...

      titip salam sama Upin & Ipin ajalah kalo gitu :D

      Delete
  3. Aduuh tolong anak ayamku pincamg, Aku sangat sayang padanya...

    ReplyDelete
  4. untuk masalah "pincang" ini memang sering terjadi gan. Terutama untuk anak ayam yang masih muda.

    Penyebab terjadinya bisa karena terjepit ataupun memang karena kelainan genetik.

    Untuk mencegah hal tersebut berikan nutrisi yang lengkap (mineral) serta kandang yang layak. jangan sampai kaki anak ayam terjepit di sela2 kandang.

    Untuk ayam yang sudah terlanjur pincang rasanya sudah sangat kecil harapan untuk membuat.a normal. apalagi kalau ayamnya sudah dewasa.

    Saran saya sebaiknya agan perbaharui manajemen pemeliharaan agan untuk beternak ayam yang selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih lur. alhamdulillah sekarang sehat sampe gede euy

      Delete
  5. Anak ayamku tiba2 terkena penyakit seperti TELO. bagaimana cara mengatasinya gan?

    ReplyDelete
  6. Klo ayam ku tidak bisa berdiri tegak solusinya gmn yah....klo jln kaya pinguin ....

    ReplyDelete
  7. Enter your comment...padahal saya cek kaki2dua duanya gak ada mslh tapi berdiri gak bisa, mslhnya obatnya apa,apa pake obat tradisional, apa obat trnak trimakasih,

    ReplyDelete
  8. Anak ayam saya klo jalan sempoyongan dan gk kuat berdiri lama. .
    Kenapa ya??

    ReplyDelete
  9. Ada yg tau kenapa ayam sy tdk bisa berdiri dan tdk mau makan. Apa karena kemaren makan padi kali ya. Ada yg tau apa penyakitnya? Dan solusinya apa ya

    ReplyDelete
  10. anak ayam sya bru menetas langsung pncang knpa ya

    ReplyDelete
  11. Apa penyebab ayam tiba tiba lumpu dan malas makan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa nya keracunan atau makanannya terlalu banyak mengandung protein yang berlebihan

      Delete
  12. PROMO NEW MEMBER 15%

    Peserta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg menyediakan jasa layanan bagi pembukaan akun permainan judi atau taruhan online kepada kamu di peserta judi online yang berperingkat International, benar dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sbg Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man bagi beroperasi juga sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

    https://agenzeus.org/deposit-pulsa/
    https://agenzeus.org/tag/prediksi-bola/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.org

    ReplyDelete
  13. PROMO NEW MEMBER 15%

    DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yg merupakan mater mater taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di judi online terpercaya.

    Yang Merupakan Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man pada beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

    main judi pakai pulsa

    Ayo gabung sekarang di dewazeus.pw

    ReplyDelete
  14. Baru netas sudah lumpuh bagaimana solusi nya gan....?

    ReplyDelete
  15. Mencari Situs Judi Taruhan Ayam Terpercaya?

    Tenang saja, kini Agen BOLAVITA menyediakan Judi Taruhan Ayam yang sangat lengkap yang bisa Anda coba daftar dan mainkan.

    Daftar sekarang untuk dapatkan bonus new member 10% dan bonus setiap harinya 5%.

    Minimal Deposit dan Withdraw adalah 50.000.

    Permainan ini bisa dimainkan dimana dan kapanpun juga, baik di pc/laptop atau Handphone.

    Daftar sekarang juga di www.bolavita.vip !!!!

    Baca juga = Cara Daftar Sabung Ayam di BOLAVITA

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    ReplyDelete
  16. Ayu gabung sekarang juga bersama kami di situs S128Cash.
    S128Cash merupakan sebuah Situs yang sudah lama berdiri yang menyediakan jasa permainan Games Online yang Terpercaya dan Teraman.
    Perlu Anda ketahui, S128Cash satu-satunya Situs di Indonesia yang mendapatkan SERFIKAT RESMI dari Sabung Ayam FILIPINA pada Tahun 2018.
    Kini S128Cash hadir dengan memberikan berbagai macam PROMO BONUS seperti :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS FREEBET 200rB
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !! ( Sabung Ayam Online )

    Jika Anda semua mencar Situs Bandar Game Online Terpercaya dan Teraman disinilah tempatnya.
    Jadi, di tunggu ya kedatangan dan Daftar S128 Anda bersama kami.
    Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi kami lewat :
    - Livechat : S128Cash
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.org

    ReplyDelete
  17. Permisi ya admin minta waktunya sebentar. Untuk cara merawat, mengobati serta ciri fisik ayam aduan berkualitas sudah terangkum di http://bangkokterbaik.blogspot.com. Salam satu hobi.

    ReplyDelete
  18. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  19. DEPOSIT BISA VIA OVO!

    Agen Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang menyediakan jasa layanan guna awal akun permainan judi atau taruhan online guna kamu di kantor cabang judi online yg berperingkat International, sungguh dan terpercaya hanya di poker deposit pulsa.

    Sebagai Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man terhadap beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.


    https://bolazeus.site/2018/12/31/situs-agen-taruhan-online-deposit-via-pulsa-25rb/
    https://bolazeus.site/2018/12/30/agen-betting-online-deposit-via-pulsa-telkomsel/
    https://bolazeus.site/2018/12/29/situs-agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya/
    https://bolazeus.site/2018/12/28/agen-betting-online-deposit-pulsa-terpercaya-di-asia/

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    login zeusbola
    zeusbola livechat

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    ReplyDelete
  20. Dapatkan keseruan dengan deposit minimal 10ribu di Donaco Poker...Menangkan bonus jackpot hingga puluhan juta rupiah tanpa ribet...

    Dapatkan Juga Bonus Dari Donaco Poker...
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  21. Promo Bonus Terbaru Bolavita ! Agen Judi Online Terpercaya Di Indonesia Sejak 2014 !

    ★ Bonus 10% Deposit Pertama !
    ★ Bonus Deposit Harian 5%
    ★ Bonus Cashback Mingguan s/d 10%
    ★ Bonus Referral 7% + 2%
    ★ Bonus 100% (bila anda 8x menang secara beruntun)
    ★ Bonus Rollingan Mingguan 0.5% + 0.7%

    Hadiah Natal & Tahun Baru 2019/2020 !
    1. Hp Samsung Galaxy S10
    2. Hp Vivo V17 Pro
    3. Hp Xiaomi Note 7
    4. Hp Oppo Reno 2
    5. Hp Advan G3
    6. Hb Xiaomi Mifa S2
    7. Humidifier Diffuser Aromatherapy
    8. T-shirt Keren

    Menyediakan Berbagai Jenis Taruhan Online Uang Asli :

    » Taruhan Bola Online ( SBOBET / IBC BET / 368BET / NOVA88 / CBET )
    » Casino Live ( Bakarat / Rolet / Dadu / Blacjkack / Dragon Tiger / )
    » Sabung Ayam Live ( S128 / SV388 )
    » Bola Tangkas
    » Togel Online ( HK / SGP / KL )
    » Tembak Ikan
    » Slot / Ding - Dong ( JACKPOT )
    » Poker Online

    Pendaftaran Kunjungi : http://159.89.197.59/register/
    Whatsapp 24 Jam Kunjungi : https://bit.ly/31SZvwy
    Tautan Live Chat : https://bit.ly/2VD8fER

    #Bandar Judi Linkaja

    ReplyDelete
  22. Winning303 Arena Sabung Ayam Terpopuler yang menghadirkan Ayam Ras Juara dan Ras-ras Terkuat..Pertarungan yang sangat seru bakal di hadirkan disini...

    Dapatkan bonus new member 10%
    Dapatkan bonus dposit harian 5%
    Dapatkan bonus Win streak
    Dapatkan bonus Cash back Mingguan 5-10%

    Winning303 juga menyediakan permainan lain
    1. Sportbooks
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Poker Online

    Yang pastinya tidak kalah seru dengan permainan lainnya...
    cukup 1 User ID untuk semua permainan..Gak Pake Ribet...

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  23. Situs Bolavita merupakan agen judi online yang aman dan terjamin !

    Berdiri sudah lebih dari 5 Tahun dan memiliki licensi resmi Filipina sebagai Agen judi Online terpercaya di Indonesia.

    Promo Yang Tersedia :
    » Bonus Deposit New Member 10%
    » Bonus Deposit Harian 5%
    » Bonus Cashback 5% - 10%
    » Bonus Referral 7% + 2% (seumur hidup)

    Menjamin keamanan dan juga pembayaran yang lancar tanpa hambatan ... Transaksi Deposit & Withdraw yang di proses tidak sampai 3 menit..

    S128
    SV388
    CASINO
    TEMBAK IKAN
    SLOT

    Untuk minimal deposit & withdraw 50ribu.. Kunjungi situs Agen Bolavita sekarang juga ! Menyediakan Segala Jenis Judi Online yang lengkap...

    Nikmati Bonus Terbaru yang sedang hot - hot nya sekarang ini ! Promo Bonus 100% yang dapat di Klaim Setiap Hari !

    Hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :

    » Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  24. Jago Sabung Ayam online? Yuk daftar langsung di Bolavita dan dapatkan Bonux 100% dari total 8x/9x/10x win dari jumlah total kemenangan beruntun anda. Bolavita menantang anda yang merasa jago menebak Wala Meron dalam ajang adu Sabung Ayam Pisau di situs S128 dan Sv388 untuk mengikuti promo terbaru kami kali ini.

    PROMO SPESIAL : Bonus 8x 9x 10x Win Sabung Ayam Online
    KLAIM BONUS 100% KLIK » http://159.89.197.59/bonus-8x-9x-10x-win-sabung-ayam/

    Jangan sungkan hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :
    Kontak Whatsapp Cs Kami (Online 24 Jam) : +62812-2222-995
    Atau Bisa Langsung Klik Link : http://bit.ly/kontakonline24jam

    ReplyDelete
  25. Bingung mencari Situs yang Hoki?
    sekarang tidak perlu bingung lagi bos ^^
    Ada ZEUSBOLA yang akan menjawab impian bosku untuk menjadi pemenang yang besar dalam Taruhan judi Online..!!
    Website yang sudah terbukti Hoki dan tidak perlu diragukan lagi bos...
    Karena ZEUSBOLA adalah Website yang Aman dan Terpercaya^^

    DENGAN MINIMAL DEPOSIT PULSA 25RB ANDA JUGA SUDAH BISA BERMAIN..!!!!!!

    ZEUSBOLA Adalah Situs Agen Judi Online Terpercaya Indonesia Pertama Yang Menyediakan Berbagai Macam Permainan Online Seperti :

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *IDN POKER
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :
    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 5996
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    Rumah Taruhan Online Uang Asli Deposit OVO

    ReplyDelete
  26. Cari situs yang menjamin menang terus dan terus-terusan mendapatkan jackpot? Dengan modal pulsa 15rb? Yuk jangan ragu dan pikir panjang lagi, gabung bersama POKERVITA - POKER ONLINE | BANDAR POKER | JUDI POKER | AGEN POKER sekarang juga ..

    Promo bonus besar-besaran Pokervita
    * Promo Harian
    * Promo Mingguan
    * Promo Bulanan

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Judi Poker Online
    Texas Holdem Poker
    Bandar Sakong Online

    BACA JUGA :
    Saldo Diakun Dan Digame Berbeda Setiap Pagi Hari
    Judi Domino99 Deposit Pulsa Telkomsel
    Judi BandarQ Pulsa Terpercaya

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    ReplyDelete
  27. Museum Poker

    BONUS DEPOSIT UNTUK NEW MEMBER 20%
    POKER ONLINE DEPOSIT VIA PULSA & DEPOSIT VIA OVOPAY

    Link alternatif MuseumPoker : museumpoker.cc

    ReplyDelete
  28. Belum Pernah Dapat Jackpot Slot? Cobalah Bermain Slot Kami...
    Winning303.org
    Rasakan Jackpot Setiap Hari...Dapatkan Juga Bonus Rollingan Setiap Hari....
    Seru Bukan??? Yang Pastinya Anda Tidak Akan Berpaling Lagi...

    Mainkan Permainan Lainnya Dengan 1 User ID Saja...
    1. Live Casino
    2. Poker
    3. Sportsbook
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete
  29. Donaco Poker

    Merupakan salah satu Agen Poker Online paling baru

    Salah satu dari Server Poker Terpercaya, Terbaik dan Paling Bagus dan sudah Terbukti kualitasnya .

    Menyediakan 5 jenis bank lokal ( BCA, BNI, BRI, MANDIRI, DANAMON )

    TERSEDIA 7 PERMAINAN DALAM 1 ID :
    1. POKER ONLINE
    2. BANDAR CEME
    3. CEME KELILING
    4. DOMINO QIU
    5. SUPER TEN
    6. CAPSA SUSUN
    7. OMAHA

    Silahkan Klik ID Gratis DONACO

    INFO LEBIH LANJUT :
    WHATSAPP : +6281333555662
    LINE : Donaco.poker

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  30. Winning303

    Coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!

    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    ReplyDelete
  31. Winning303

    Agen judi online terbaru

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Live Casino
    3. Slot Online
    4. POKER IG
    5. Sabung Ayam

    Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    WA:+6287785425244

    ReplyDelete
  32. Bonus Spesial Judi Online 100% ! Khusus Permainan :

    » Agen Linkaja88
    Sabung Ayam
    Sv388
    S128
    Sexy Baccarat


    Pendaftaran Hubungi Kontak Resmi Kami Dibawah ini (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  33. ZeusBola - Daftar Sabung Ayam Taji Filipine
    Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun
    Pendaftaran : http://zeusbola.vip

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Jadwal S128 Sabung Ayam Online 28 Juli 2020

    ReplyDelete
  34. Daftar: Daftar Togel Pulsa

    JOIN GRUP : Join Grup Facebook Prediksi Togel

    SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERUNTUNG...

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 500.

    Agen Togel Via Pulsa
    Agen Togel Terpercaya
    Situs Togel Pulsa
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sydney
    Agen Toto Macau
    useumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Agen Togel Terpercaya
    Agen Togel Sydney
    Agen Toto Macau
    MuseumToto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 500


    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : 40.000
    • 2D : 5.000


    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 3 ( KLIK DISINI )

    Cara Daftar Togel Menggunakan OVO

    Cara Mendaftar Slot Dan Bermain Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan

    ReplyDelete
  35. Kini Agen Judi Online Bolavita Menyediakan Segala Jenis Transaksi Deposit & Withdraw Menggunakan Dompet Digital (E-wallet) yang ada di Indonesia.

    Tersedia Judi Online Deposit Pakai Linkaja, Ovo, Dana, Sakuku. Gopay. Selain Menyediakan Judi Online Deposit Via Pulsa dan Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia.

    Bolavita Menyediakan Judi Online Yang Cukup Lengkap. Antara Lain Adalah :
    • Judi Sabung Ayam Live
    • Judi Casino Live
    • Judi Bola / Sportsbook
    • Judi Slot Online
    • Judi Bola Tangkas
    • Judi Poker Online
    • Judi Domino
    • Judi Ceme / Capsa Susun
    • Judi Tembak Ikan Online
    • Judi Togel Online

    Promo Bonus :

    » Bonus Deposit Pertama 10%
    » Bonus Deposit Harian 5%
    » Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
    » Bonus Rollingan Mingguan 0.8%
    » Bonus Referral 7% + 2%

    Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
    Kontak Resmi (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    ReplyDelete
  36. Agen Judi Slot Terpercaya Dan Terbaik
    Alasan Kenapa Kamu Harus Bermain Judi Di Museumbola
    * Permainan Lengkap dari A sampai Z
    * Opsi Deposit Banyak Seperti Bank, E-Cash , PULSA
    * Semua Rekening Bank termasuk Bank Daerah Bisa Di Daftarkan
    * Bonus Banyak
    * Deposit 2 Menit
    * Withdraw 5 Menit Paling Lama
    * Cs Professional 24 Jam Online
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot Aztec Gem
    Slot Caisen Cash

    Situs Judi Slot Pulsa
    Slot Pulsa
    Slot Pulsa Tanpa Potongan
    Slot Pulsa Tanpa Potongan
    Slot Deposit Pulsa
    Judi Slot
    Slot Online Deposit Pulsa
    Museumtoto
    agen togel pulsa
    Bandar togel pulsa
    Judi Slot Dana
    Link Alternatif Museumbola
    slot deposit via dana
    Museumbola
    Login Museumbola
    Alternatif Museumbola


    ReplyDelete
  37. Dapatkan Bonus Cashback 5-10% untuk permainan LIVE CASINO yang kamu mainkan setiap Minggunya

    Ayo Gabung Dengan Kami...Gratiss!!

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook
    2. Poker
    3. Slot Online
    4. Lottery/Togel
    5. Sabung Ayam
    6. Tembak Ikan
    7. Bingo

    Hubungi Kami di :
    Customer Service 24 Jam
    WA: +6287785425244

    ReplyDelete
  38. Linkaja88 Adalah Agen Judi Deposit Linkaja Terbesar Di Indonesia!

    Promo :
    ★ Bonus 10% Deposit Pertama !
    ★ Bonus Deposit Harian 5%
    ★ Bonus Cashback Mingguan s/d 10%
    ★ Bonus Referral 7% + 2%
    ★ Bonus 100% (bila anda 8x menang secara beruntun)
    ★ Bonus Rollingan Mingguan 0.5% + 0.7%

    Menyediakan Permainan :
    • Sabung Ayam Online
    • Sporstsbook / Judi Bola
    • Casino Live
    • Slot Online ( PRAGMATIC | RED TIGER | JDB| SPADE GAMING | JOKER | PLAY1628 | FAFASLOT )
    • PokerVita ( POKER | DOMINO | CEME | CAPSA | SAKONG | BANDAR Q )
    • Tangkasnet
    • Tembak Ikan Online
    Dan Masih Banyak Lainnya.

    Daftar & Klaim Bonusnya Sekarang Juga !
    Hubungi Kontak Resmi Kami Dibawah ini (Online 24 Jam Setiap Hari) :

    » Nomor WhatsApp : 0812–2222–995
    » ID Telegram : @bolavitacc
    » ID Wechat : Bolavita
    » ID Line : cs_bolavita

    ReplyDelete

  39. Jadwal Sabung Ayam Live Setiap Hari Bisa Cek Di Link - Pemainayam.vip !

    s128
    sv388

    ReplyDelete
  40. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hub kami.
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  41. Sering Kalah Bermain Poker atau Permainan Lain?? Butuh Konsultasi Seputar Poker atau Permainan Lain Agar Menang Terus??
    Dapatkan Trik dan Tips Jitu dari Donaco Poker...
    Cukup Daftar menjadi Member saja..!!
    Pendaftaran Gratis!!
    Dapatkan Info Freechip Terbaru Dari Donaco Poker..

    Nikmati juga kemudahan dalam bertransaksi menggunakan OVO Pay Donaco Poker...

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    ReplyDelete
  42. Donaco Poker Sebagai Situs Agen Poker Online Uang Asli Yang Menyediakan Transaksi Dari Bank Bca, Bni, Bri, Mandiri dan Danamon Memberikan Minimal Deposit Yang Sangat Murah Serta Menyediakan Hadiah Jackpot Setiap Harinya Dan Bisa Bermain Dengan Para Player Dari Seluruh Kota Yang Ada Di Indonesia.

    Waktu Yang Relatif Singkat Dalam Semua Proses Transaksi Akan Semakin Membuat Para Member Betah Dan Puas.

    Hub kami.
    WHATSAPP : +6281333555662
    CS 24 JAM

    ReplyDelete
  43. MBO128 SITUS SLOT ONLINE TERPERCAYA 2021

    Bandar Togel Terpercaya
    SITUS TOGEL TERBAIK
    AGEN TOGEL TERBAIK 2021
    Bandar Togel Indonesia
    Situs Agen Togel Terbaik
    SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

    Daftar dan dapatkan BONUS NEW MEMBER 50% KHUSUS GAME SLOT ONLINE.
    Ayo CLAIM SEBELUM KEHABISAN
    Periode 15 - 26 Februari 2021

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR TOGEL ONLINE

    Minimal DEPOSIT Rp.25.000
    Minimal TARIK DANA Rp.50.000

    KONTAK :
    WhastApp: 0852-2255-5128

    ReplyDelete
  44. Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

    9 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Daftar Poker Online

    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    Situs Poker IDNPlay Terpercaya Indonesia Deposit Pulsa

    Bandar Ceme Terpercaya 2021 Deposit Pulsa Terbaik

    ReplyDelete
  45. CLUB388CASH SITUS SLOT ONLINE & SABUNG AYAM ONLINE INDONESIA TERPERCAYA 2021

    Situs Slot Online Indonesia Club388
    Poker Online
    Situs Poker Online
    Situs Poker Deposit Pulsa

    CLUB388CASH adalah situs judi slot online terpercaya 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    ReplyDelete
  46. Kunjungi Result Togel Terupdate Saat ini

    RESULT TOGEL

    Info lengkap Silakan di add WA : 0877 8542 5244
    Cs 24 Jam Online

    ReplyDelete
  47. BOLAVITA Agent 1 User ID untuk semua permainan

    Info hub
    WA:0812 2222 995

    ReplyDelete
  48. Menang kalah dpat Bonus 5% ayo bermain casino di bolavita
    semakin byj bermain semakin banyk Rolingan ny...
    ayo tgu apa lagi silahkn regis dan buktikan sendri ^^
    New member 10%
    sialhkan hub : WA :+62 812-2222-995

    #judi #judionline #sabungayam #casino #slot #slotbonus #poke

    ReplyDelete
  49. Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !! ZEUSBOLA SOLUSINYA!!!
    [url=https://zeusbola.mypixieset.com/][Daftar Slot Gacor Hari Ini Tanpa Rekening Bank Zeusbola][/url]
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus referral ZeusBola
    *Bonus Cashback 15%
    AYO...Tunggu apa lagi, Bergabung dan bermian di Zeus Bola dan dapatkan berbagai Bonus lainnya Bosku.

    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : https://zeusbo.la/whatsapp

    ReplyDelete
  50. Belum pernah merasakan jackpot terbesar dalam permainan slot? Wajib anda coba slot yang satu ini. Rasakan COMBO JACKPOT terbaik yang pernah ada

    Klik ====> Slot Beowulf SLOT GACOR

    ReplyDelete
  51. BONUS SETIAP HARI DARI DONACO POKER

    Donacopoker adalah agen poker online Indonesia resmi yang melayani para pemain dari seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri dan bermain game kartu online yang unik. Untuk memberikan kenyamanan bagi pemain setia, Donacopoker hadir dan berikan bonus-bonus terbaik setiap harinya untuk semua game yang tersedia di Poker Online.

    Keuntungan Jika bermain di website
    - Proses Deposit dan withdraw maksimal 3 menit
    - 100% No admin dan No robot
    - Player vs Player
    - Fair Play

    Link : Klik ====>AGEN DONACO

    Jalur Cepat:
    WHATSAPP : +6281333555662
    LINE : Donaco.poker
    CHAT SEKARANG

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih.

    #DONACOPOKER #POKERIDN #POKERONLINE #BANDARCEME #CEME #DOMINO #SUPERTEN #CAPSA #OMAHA #BONUSPOKER #POKERTERPECAYA #DEPOSITPULSA

    ReplyDelete
  52. INGIN MAIN SITUS JUDI TERPECAYA?
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    Promo Bonus Pulsa Tanpa Potongan !!
    *Bonus New Member 15%
    *Bonus Reward Setiap Tingkatan Level
    *Bonus Deposit Harian 10%
    *Bonus Cashback Mingguan
    *Bonus referral ZeusBola
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607

    ReplyDelete