Hal Sederhana yang Membuat Peternakan Sapi Australia Berjaya

Hal Sederhana yang Membuat Peternakan Sapi Australia Berjaya
Hal Sederhana yang Membuat Peternakan Sapi Australia Berjaya – Siapa yang tidak tau dengan Australia. Negara yang terkenal dengan binatang kangguru dan koala ini adalah salah satu negara termaju di dunia. Kangguru dan koala adalah ikon utama dari negara ini. Kemudian juga ada... Bumerang (yang pernah dinyanyikan oleh artis cilik Indonesia pada tahun 97-an) senjata tradisional suku Aborigin (Indigenous).

Selain itu Australia juga memiliki ikon lain, yaitu sapi. Australia memiliki jumlah sapi terbesar di dunia. Ini terbukti dengan banyaknya jumlah populasi sapi yang dipelihara di negara ini. Populasi sapi mereka 3 kali lebih banyak dari pupolasi penduduk. Karena begitu banyaknya, mereka bahkan mengekspor sapi baik dalam bentuk daging ataupun sapi bakalan ke berbagai negara di dunia dan salah satunya adalah Indonesia.

Pemerintah mereka sangat concern akan perkembangan industri sapinya. Berbagai upaya dilakukan untuk perkembangan industri sapi Australia. Salah satunya adalah dengan menjalin kerjasama dengan negara-negara sahabat. Kemudian mereka juga gencar untuk memasarkan produk-produk hasil pertanian mereka ke wilayah asia, eropa dan timur tengah.

Namun dibalik itu semua ternyata ada hal-hal sederhana yang membuat peternakan sapi Australia berjaya. Hal tersebut tidak datang dari kalangan eksetuf saja, tapi justru berasal dari peternakan dan masyarakat pelaku industri peternakan sapi tersebut yaitu petani (Farmer).

Dari keseluruhan hal-hal sederhana itu ternyata sudah kita ketahui dari dulu. Jadi apa saja itu?

# Disiplin

Disiplin Menjalan Usaha Peternakan Sapi
Setiap hari Oz (panggilan untuk orang Australia) memiliki bermacam-macam aktifitas. Baik itu saat di rumah, di kantor, di station ataupun di sekolah. Setiap tempat beraktifitas saling terkait oleh waktu. Pagi hari mereka mandi dan sarapan dirumah. Kemudian jam 7 berangkat ke kantor dan sekolah. Setelah itu sepulang sekolah mereka mungkin belanja ke supermarket untuk membeli keperluan rumah tangga. Terakhir kembali lagi pulang ke rumah.

Dari setiap gambaran umum aktifitas tersebut semuanya dilaksanakan berdasarkan waktu. Bangun pagi jam 6 dan berangkat jam 7. Artinya dalam 1jam (dari jam 6 sampai jam 7) semua aktifitas harus selesai. Tidak ada waktu untuk bermain-main apalagi bermalas-malasan. Benar-benar harus selesai semuanya. Barulah stelah itu bisa santai-santai menonton TV sambil menunggu jam 7

Disiplin ini mereka terapkan setiap saat. Baik pagi siang sore ataupun malam. Bila waktu istirahat tiba mereka akan benar-benar beristirahat dengan sebaik-bainya. Karena mereka sadar bahwa tubuh dan psikologi merek membutuhkan istirahat juga. Lalu begitu waktu bekerja tiba mereka akan berdiri meninggalkan istirahatnya dan melanjutkan pekerjaannya hingga tuntas.

Sangat terasa sekali disiplin mereka pada saat memindahkan ribuan sapi dari sebuah paddock ke paddock yang lain. Dimana jarak antara kedua paddock sekitar 1 km. Kemudian sapi harus digiring lambat-lambat dan tidak boleh terlalu cepat. Karena apabila sapi terlalu banyak berlari maka tenaganya akan terposir sehingga bobot badan akan menurun. Bahkan sapi-sapi yang sudah tua akan roboh karena kelelahan.

Tentu pekerjaan ini memakan waktu yang cukup lama. Walaupun demikian mereka tidak akan berhenti menyelesaikan tugasnya sebelum pekerjaan tersebut selesai dengan sempurna. Bahkan mereka bekerja sampai malam hari untuk menyelesaikan tugas tersebut. Benar-benar sangat disiplin.

 # Open Mind

Memanfaatkan Inovasi dan Teknologi Peternakan
Dalam mengembangkan usaha peternakan dibutuhkan inovasi-inovasi baru untuk menyelesaikan permasalahan usaha. Inovasi ini bisa datang dari mana saja. Bisa dari para ahli atau guru, bisa dari obrolan sesama peternak, dari internet dan bahkan bisa datang dari anak-anak yang tanpa disadari ternyata dapat menginspirasi.

Peternak sapi Australia sangat terbuka dengan informasi-informasi baru. Terutama informasi dunia peternakan. Mereka tidak malu bertanya kepada orang yang mereka anggap lebih mengetahui. Karena apa yang ada di dalam hati dan fikiran mereka adalah bagaimana menemukan solusi untuk permasalahannya, bukan untuk menjadi orang yang paling pintar padahal sesungguhnya tidak tau sama sekali.

Sehingga apabila ada pihak akademis atau penyuluh dari pemerintah yang datang menyampaikan informasi, mereka akan mendengarkan dengan cermat dan mengaplikasikannya. Apalagi kalau itu adalah teknologi-teknologi baru. Contohnya saja seperti teknologi solar panel. Begitu mereka mengetahuinya ilmu tersebut langsung dipraktekannya. Alhasil solar panel tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengalirkan air minum sapi ke dalam water traft. Teknologi membuat peternakan menjadi mudah dan efisian dalam mensuplai air untuk sapi.

Itulah mengapa sikap open mind harus kita miliki. Sehingga sikap open mind tersebut akan membantu usaha kita menjadi lebih maju. Memang terkadang disaat kita bertanya akan terlihat seperti orang bodoh dan tidak tau apa-apa. Apalagi kalau bertanya tentang hal-hal yang sepele di depan orang ramai. Tapi ketahuilah bahwa sesungguhnya bahwa banyak juga orang yang lain ingin menanyakan apa yang kita tanyakan. Hanya saja mereka pura-pura tau dan mengingkari kekurangan dirinya. Sayang sekali orang-orang yang bersifat seperti ini.

Oleh karena itu jadi orang yang memiliki sikap Openmind.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hal Sederhana yang Membuat Peternakan Sapi Australia Berjaya"

Post a Comment