Keuntungan Membuat Silase Untuk Pakan Sapi

Keuntungan Membuat Silase Untuk Pakan Sapi
Keuntungan Membuat Silase Untuk Pakan Sapi – Ada peluang besar dalam usaha peternakan sapi. Baik itu peluang untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dan juga peluang untuk membuka lapangan kerja baru di khusus bidang peternakan. Fakta itu sebenarnya sudah diketahui oleh banyak orang, tapi mengapa usaha peternakan tidak banyak yang melakoninya? Apakah karena harus mencabut rumput setiap hari untuk sapi? Mungkin bagi sebagian orang pekerjaan ini sangat berat. Namun bila kita tahu cara menyediakan rumput pakan sapi dengan mudah pasti kita akan melakoni usaha peternakan sapi juga.

Bagi kaum kaum akademis teknologi bukanlah hal yang baru. Setiap hari mereka bertemu dengan berbagai teknologi jenis baru yang bermanfaat untuk kehidupan manusia. Begitu juga di bidang peternakan, ada banyak fakultas peternakan di Indonesia yang menciptakan teknologi dan inovasi baru. Salah satunya adalah teknologi silase.

# Apa itu silase?

Silase adalah salah satu teknologi pakan sapi yang dapat membuat pakan sapi menjadi lebih bergizi dan dapat disimpan untuk waktu yang lama. Meskipun ini bukanlah penjelasan ilmiah seperti di buku-buku teori namun maksudnya sama.

Dari penjelasan diatas ada dua kata kunci, yaitu Lebih Bergizi dan Tahan Lama. Inilah tujuan utama dari pengolahan pakan sapi (yang berupa rumput-rumputan) dengan menggunakan teknologi silase. Sebenarnya masih ada teknologi lain yang sejenis dengan silase. Contohnya teknologi pengolahan hay dan fermentasi. Hay menggunakan teknik pengeringan yang membuat kadar air rumput menjadi rendah. Sedangkan fermentasi pengolahan pakan ternak sapi dengan memanfaatkan mikroba.

# Keuntungan Membuat Silase Untuk Pakan Sapi

Setiap teknologi yang diciptakan harus memberikan manfaat untuk manusia. Seperti halnya teknologi silase ini, ia memberikan beberapa keuntungan untuk peternak sapi. Berikut manfaat silase.

1. Nilai Nutrisi Silase Lebih Tinggi dari Rumput Biasa

Rumput segar yang berwarna hijau memang terlihat sangat baik untuk ternak sapi. Namun seiring berkembangan penelitian para ahli ternyata silase rumput dan hijauan memiliki nilai nutrisi yang lebihtinggi dibandingkan dengan rumput segar.

Hal ini dikarenakan pada rumput silase terdapat mikroorganisme pengurai yang membantu mengurai pakan dengan lebih cepat. Ini keuntungan adanya mikroorganisme yang pertama. Setelah itu mikroorganisme yang ada pada rumput silase ini nantinya akan mati di dalam rumen sapi dan ia menjadi jasad mikroorganismen tersebut otomatis menjadi asam amino dan diserap oleh dinding usus sapi. Ini keuntungan kedua dari keberadaan mikroorganisme.

2. Silase Dapat Disimpan Lama

Rumput segar yang telah dipotong biasanya akan dilayukan sebentar (tidak langsung diberikan kepada ternak), terutama yang dipotong pagi pagi hari. Tujuannya untuk menghilangkan cacing pita yang ada di ujung-ujung rumput. Cacing ini akan sangat merugikan bila sampai masuk ke dalam pencernaan sapi.

Setelah rumput dilayukan harus diberikan kepada sapi secepatnya. Tidak boleh terlambat atau sampai ada rumput yang tersisa. Apabila rumput lama terletak di luar (seperti rumput-rumput sisa) tidak dimakan oleh sapi. Ini bisa diartikan rumput segar tidak tahan lama.

Sedangkan rumput silase dapat disimpan hingga satu tahun. Artinya disaat musim panen kita bisa mengolah semua rumput-rumput tersebut menjadi rumput hijauan silase. Kemudian disimpan di dalam gudang dan apabila hijauan mulai langka rumput silase dapat digunakan untuk makanan bagi sapi.

3. Silase Dapat Dibuat Dalam Jumlah Besar

Setiap hari peternak menyabitkan 4-5 karung rumput untuk sapi. Jumlah ini sangat sedikit dan tidak mencukupi untuk memelihara ternak dalam jumlah besar. Sehingga cara ini bisa dikatakan tidak efisien. Bandingkan dengan silase. Dengan menggunakan teknik silase kita bisa membuat pakan sapi puluhan hingga ratusan ton (tergantung ketersediaan rumputnya).

Pada saat ketersediaan rumput sedang banyak maka saat itulah saat yang paling tepat untuk membuat silase. Gunakan seluruh rumput yang ada dan jadikan silase. Setelah membuat silase ini peternak tidak perlu harus mengarit rumput setiap pagi lagi. Cukup mengambil rumput silase di dalam gudang penyimpanan atau dari dalam tanah.

4. Melunakan Bagian Batang Rumput yang Keras

Walaupun ternak sapi memiliki mikroorganisme yang membantu proses pencernaannya, namun ada beberapa bagian tanaman yang sangat sulit untuk dicernnya. Terutama di bagian-bagian batang tanaman. Ini membutuhkan waktu yang cukup lama bagi ternak untuk mencernanya.

Setelah menerapkan teknologi silase bagian tanaman yang keras tadi biasanya akan menjadi lebih lunak. Dengan begitu pada saat berada di dalam rumen sapi tanaman tersebut menjadi jauh lebih mudah lagi untuk diserap. Artinya silase telah membantu pekerjaan rumen menjadi lebih ringan dan cepat.


Apa itu Silase dan Apa Manfaatnya
Demikianlah beberapa manfaat dan keuntungan membuat silase untuk pakan sapi. Silase ini benar-benar terasa manfaatnya pada saat terjadi kelangkaan hijauan. Semoga artikel Keuntungan Membuat Silase Untuk Pakan Sapi ini bermanfaat.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Keuntungan Membuat Silase Untuk Pakan Sapi"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete