Membuat Steak Khas Australia - The Outback Steak

Resep Steak Khas Australia
Tahun lalu sempat berkunjung ke negeri kangguru Australia. Perjalanan pertama ke Australia ini memberikan banyak pengalaman yang unik, khususnya kuliner. Ada banyak jenis kuliner di Australia, tapi yang paling memorable adalah "Steak Khas Australia". Sebenarnya saya sempat mencicipi beberapa jenis makanan Australia lainnya, namun rasanya tidak begitu menarik di lidah saya. Berbeda dengan Steak yang sangat saya sukai hingga saat ini. Walaupun ini bukanlah kuliner Indonesia tapi harus diakui rasanya begitu lezat.

Berhubung saat ini saya di Indonesia dan tidak bisa menemukan Steak Asli Australi, maka untuk mengobati rasa rindu akan steak Australia, saya akan memasak Steak Khas Australia. Kamu boleh ikut juga kok.

Sediakan dulu bahan-bahan yang akan kita butuhkan :
  • Daging sapi segar - bagian has luar
  • Bawang bombay
  • Bawang putih
  • Susu cair
  • Lada hitam
  • Garam
Cara membuatnya ada dua tahap :

Step 1 - Daging
Pertama - Daging diasinkan dengan lada hitam, garam dan merica. Jangan gunakan terlalu banyak garam, secukupnya saja. Diamkan daging ini minimal selama 30 menit di dalam kulkas. Teknik ini juga digunakan oleh orang Australia untuk menyimpan daging sapi dalam waktu lama. Jadi pada saat akan memasak daging, tinggal potong saja tanpa harus diberikan bumbu-bumbu serupa.

Kedua - Grill daging yang telah diasikan dengan tingkat kematangan yang kamu mau. Half cook kebanyakan orang membuatnya. Nanti tekstur daging bagian dalam akan berwarna pink.

Ketiga - Panggang daging dengan menggunakan wajan khusus untuk grill. Kalau tidak ada wajan grill kamu bisa gunakan wajan datar biasa.

Step 2 - Saus Steak
Pertama -  Masukan mentega ke dalam wajan datar yang telah dipanaskan. Setelah mentega meleleh langsung masukan bawah putih dan bawang bombay dari India. Nanti akan keluar aroma yang super semberiwiiiing. masak hingga setengah matang.

Kedua - Lanjutkan dengan memasukan tepung terigu dan diaduk-aduk hingga rata. Apabila sudah mulai mengental masukan susu cair dan aduk terus hingga agak kental dan merata.

Ketiga - Masukan Sedikit krim kental, lada hitam dan juga garam. Aduka hingga merata dan saus siap digunakan.
 
Sekarang sajikan daging yang telah di grill bersama dengan saus steak yang telah dibuat. Gunakan hot plate untuk penyajian yang sempurna. Selamat mencicipi "Steak Khas Australia".

Semoga Bermanfaaat...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Steak Khas Australia - The Outback Steak"

Post a Comment